Selasa, 20 November 2012

KISI-KISI UJIAN NASIONAL (UN) 2013

Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) tahun 2013 masih terus disempurnakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud) beserta Badan Standarisasi Nasional Pendidikan (BSNP). Seperti tahun-tahun sebelumnya biasanya kisi-kisi soal UN baru diumumkan menjelang akhir tahun. Sedangkan untuk kisi-kisi soal UN tahun 2013, Pemerintah yang semula menargetkan sudah dapat diumumkan kepada masyarakat pada bulan Oktober yang telah lalu, ternyata diundur menjadi minggu ke-3 bulan Nopember 2012.



Adanya rencana pemerintah untuk membuat 20 variasi/paket soal ujian nasional (UN) untuk setiap mata uji di setiap ruang ujian memerlukan persiapan khusus. Persiapan tersebut diantaranya pemerintah yang diwakili oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) masih terus menyempurnakannya. Dengan bekal kisi-kisi tersebut calon peserta UN dapat lebih dini mempersiapkan diri juga para guru pembimbing akan memberikan arahan secepatnya dengan mengacu pada kisi-kisi yang dibuat Kemdikbud dan BSNP tersebut.

Pada tahun 2012 sebaran tingkat kesulitan untuk soal yang mudah hanya 10%, soal dengan bobot sedang 80% dan bobot sukar 10%. Sementara untuk tahun 2013 soal UN penyebarannya ditambahkan ke bobot sukar 20% sehingga bobot sedang berkurang menjadi 70% dan soal bobot mudah tetap 10%, tapi ini masih dianalisis.



Menurut Mendikbud Prof. Moh. Nuh, sebaran bobot soal akan disesuaikan dengan tidak adanya kenaikkan batas minimum kelulusan. Akan tetapi yang memungkinkan adalah menyebarkan tingkat kesulitan soal.

Pembuatan kisi-kisi UN juga didasarkan dan dikembangkan pada kurikulum yang tengah diajarkan guru pada anak didiknya. Untuk itu pendalaman materi bagi anak didik sebenarnya dapat dilakukan tanpa menunggu kisi-kisi.

Tidak hanya itu saja, sekolah juga dapat memanfaatkan hasil evaluasi dan kajian penyerapan pelaksanaan UN pada tahun lalu. Dari evaluasi dan kajian tersebut digambarkan secara jelas penyerapan masing-masing mata pelajaran.

Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya kisi-kisi UN biasanya tidak mengalami perubahan yang signifikan, hanya ada sedikit revisi untuk penyempurnaan saja.

Nah, yang terpenting bagi kita adalah bagaimana mempersiapkan diri sedini mungkin untuk menghadapi UJIAN Nasional 2013 mendatang. Ucapkan dengan gagah “Selamat datang Ujian”, “Selamat datang SMA, aku akan menyambutmu”, “Selamat tinggal SMPku tercinta, biarlah kenangan manis terukir bersama Bapak dan Ibu Guru tercinta, jasamu akan kukenang selalu”.

Try Out yang diberikan sekolah-sekolah bahkan ada try out yang dibuat secara bersama, sebenarnya bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan peserta didik dalam mempersiapkan menghadapi ujian nanti. Dari try out akan ditemukan kelemahan-kelemahan peserta didik tentang materi yang belum dikuasainya. Ibarat orang sakit yang sedang berobat kepada seorang dokter, jika ditanya sama dokter jawabnya harus jujur dan jangan ditutup-tutupi bahkan berbohong. Awas salah diagnosa dapat fatal akibatnya bahkan nyawa taruhannya. Oleh sebab itu pesan pendidik bagi para peserta didik : “jujurlah menjawab setiap soal pada latihan soal menjelang/persiapan untuk menghadapi ujian, dari sana penyakitmu akan ketahuan dan guru akan segera tahu obat yang mujarab untuk menyembuhkannya, tapi apabila tidak jujur bapak/ibu guru tidak dapat berbuat banyak, nasibmu ada padamu”

Yang terakhir, selamat berjuang, perkaya dirimu dengan pengetahuan, bagi dengan sesamamu, pengetahuan bila dibagi tidak akan habis bahkan bertambah. Yakinlah mereka yang telah berusaha dengan giat pastilah akan mendapatkan buah yang berlimpah, semoga. Amin.

Berikut kisi-kisi UN thun 2013 :  dapat download di sini
Dan bagi anda kalian yang memiliki adik di kelas 6 SD, ini ada kisi-kisi UN SD tahun 2013, dapat download disini  dan berikut SK sebagai sumber hukum dari kisi-kisi UN yang dikeluarkan oleh sebuah Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dapat download disini.

1 komentar:

jasa turen mengatakan...

melayani jasa jasa pasang dan perbaikan sebagai berikut..


CCTV bisa dipantau dg hp.

AC pendingin ruangan.

bel panggil perawat atau pegawai.

running text LED.

GPS tracker buat kendaraan.

ALARM gedung.

PABX telephone lokal.

Panel listrik dan instalasi.

design alat sesuai kebutuhan.

bel jam otomatis.

alat elektronik mesincuci dll

Speaker gedung.

untuk info lebih lanjut mohon hub saya di no
08.22. 31. 56. 25. 89
Atau
(tsabitataya@gmail.com) .
Atau
Saya siap brkunjung ke tempat anda.




ac tidak dingin. cctv mati. pasang cctv. telepon rusak. pbx. kediri. blitar. nganjuk. madiun. cctv rusak. dengan. di. pabx. ngadiluwih. pare. dampit. rumah aman. turen. kepanjen. makanan. rejoso. kepanjen. ac rusak. ac dengung. cctv mati. telepon tidak bunyi. tulungagung. malang. madiun. jombang. tidak bisa online. cctv indoor. harga murah. malang. kepanjen. pesantren. ngadiluwih. dampit. turen.
rusak ??? hub kami.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam. Maaf bila nantinya akan disembunyikan. Belajar gentle men and women. Okey...


SELAMAT DATANG DI BLOG ANDRE MATEMATIKA TUREN

Buku Tamu